Selayang Pandang

Dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintahan, Pembangunan dan  Pelayanan Masyarakat maka dibentuklah Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu melalui keputusan Penjabat Bupati Tanah Bumbu Nomor 5 Tahun 2003 Tanggal 2 Juni 2003 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah dan Sekretaris Daerah yang meliputi Perangkat Daerah, yang terdiri dari 9 (sembilan) Dinas dan 3 (tiga) Lembaga Teknis Daerah.

Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah tersebut disempurnakan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Daerah Nomor 2 Tahun 2004, termasuk Dinas Perhubungan.

Dalam perjalanannya, sejak Dinas Perhubungan dibentuk dengan Peraturan Bupati Tanah Bumbu No 2 Tahun 2004 senantiasa mengalami peningkatan. Seiring dengan perkembangan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu,  maka pada tanggal 26 Januari 2008, Dinas Perhubungan berubah nama struktur organisasi menjadi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika sesuai dengan PP No. 41 Tahun 2007.

Peran serta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dalam mendukung pembangunan meliputi sektor di Bidang Darat, Laut, Udara serta Komunikasi dan Informatika.

Pembangunan dan kegiatan yang dilaksanakan pada sektor Bidang Darat meliputi : pembangunan balai pengujian kendaraan bermotor, pembangunan gedung terminal di Angsana, pembangunan gedung terminal di Satui, pengadaan fasilitas keselamatan jalan yang terdiri dari rambu – rambu lalu lintas, pagar pengaman serta marka jalan.  Selain itu juga didukung dengan kegiatan pengendalian disiplin pengoperasian angkutan umum dijalan raya.

Pada Bidang Laut, pembangunan yang telah dilaksanakan meliputi : pembangunan dermaga ketinting, pemasangan rambu alur sungai, pembangunan Galangan Speed Boat, serta pembuatan pagar kantor bantu.

Adapun pada Bidang Udara, pembangunan pos jaga bandara dan pembangunan papan nama bandara telah dilaksanakan guna menunjang pembangunan daerah. Selain itu juga dioperasikannya Bandara Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu sebagai bandara penerbangan reguler,.

Sedangkan pada Komunikasi dan Informatika, bidang ini telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pusat study IT, pembangunan infrastruktur Client, aplikasi sistem informasi Dishubkominfo & website pemerintah daerah Tanah Bumbu.

Selain pembangunan – pembangunan yang telah dilaksanakan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika juga melaksanakan perencanaan pembangunan yang meliputi perencanaan Detail Enginerring Desaign, perencanaan manajemen rekayasa lalu lintas, dan perencanaan pembangunan pos penimbangan Karang Bintang.

Untuk peningkatan pelayanan maka diperlukan sarana prasarana kantor yang memadai . Untuk pemeliharaan gedung kantor juga dilaksanakan. Adapun pemeliharaan gedung kantor yang telah dilaksanakan yaitu : Pemeliharaan Kantor Bantu Satui, Pemeliharaan Kantor Bantu Angsana, Pemeliharaan Terminal Induk Kersik Putih, Pemeliharaan Balai Pengujian Kendaraan Bermotor dan Pemeliharaan Kantor Bantu Pagatan serta Pemeliharaan ruang tunggu bandara.

Dalam pembangunan dan perencanaan tersebut, Dinas Perhubungan memiliki sumber daya manusia (SDM) baik teknis maupun non teknis yang sudah kapabel dan memiliki kompetensi dibidangnya masing – masing, baik itu dibidang perhubungan darat, laut, udara maupun dibidang komunikasi dan informatika.