Dishub Gelar Rakor Peningkatan Keselamatan Angkutan Sungai Dan Danau

Batulicin, 23/7 (Dishub Tanbu) – Jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Rabu (4/7) pagi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka peningkatan keselamatan penumpang transportasi sungai dan danau.

Rakor digelar di Banjarmasin, tepatnya di kantor Dinas Perhubungan provinsi yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas–1 dan seluruh perwakilan jajaran Dinas Perhubungan kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Selatan.

“Rakor ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi, bahwa siapa yang semestinya bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan transporasi sungai dan danau. Agar kasus kecelakan seperti tenggelamnya kapal di kawasan Danau Toba beberapa waktu lalu tidak terjadi lagi di daerah lain, “kata Kasi Angkutan Orang, Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu, Suryanto di Batulicin usai mengikuti Rakor tersebut di Banjarmasin.

Berdasarkan hasil rapat, masih rendahnya sistem pengawasan jasa transportasi sungai dan danau menjadi salah satu pemicu kerap terjadinya kecelakaan penumpang. Meski pemberlakuan kelengkapan dokumen kapal atau izin berlayar saat ini cukup ketat, namun kurang diimbangi dengan sistem pengawasan dan pengecekan yang ketat pula saat kapal mau berlayar.

Tidak heran jika terjadi kasus kecelakaan seperti di Danau Toba lalu, banyak pejabat terkait yang turut serta diproses secara hukum karena dianggap lalai atau tidak maksimal memberikan kontrol di lapangan. Standar keselamatan kapalnya dianggap minim dan jumlah penumpangnya sangat berlebihan.

“Itulah yang menjadi pokok utama pembahasan dalam Rakor tersebut. Namun terlepas dari itu semua, target keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas kinerja Dinas Perhubungan, tegas Suryanto.

Menindak lanjuti hasil Rakor tersebut, pihaknya akan segera melaksanakan sosialisasi untuk meningkatan standar keselamatan penumpang kepada seluruh penyelenggaran usaha angkutan sungai dan danau di Kabupaten Tanah Bumbu.

Melalui kerjasama dengan pihak Polisi Air Polres Tanah Bumbu, sosialisasi akan dilaksanakan ke sejumlah titik dermaga tempat mangkalnya penyelenggaran angkutan sungai dan danau di wilayah tersebut.***       

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *