Dishub Tanbu Tingkatkan Pengawasan Terminal

Batulicin – Jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu terus gencar melakukan upaya pengawasan terhadap sistem pengelolaan terminal di sejumlah kecamatan.
Upaya pengawasan merupakan langkah preventif yang dilakukan Dinas Perhubungan guna mencegah terjadinya penyalahgunaan fungsi terminal dari pihak lain yang kurang bertanggung jawab, demikian dilaporkan oleh Bagian Informasi Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu di Batulicin, Senin (20/3).
Pengawasan ke sejumlah terminal dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Angkutan Orang, Dinas Perhubungan, Suryanto yang di dampingi sejumlah anggotanya dari Bidang Angkutan.
Sejumlah terminal yang tidak luput dari pengawasan tersebut antara lain lokasi terminal di Kecamatan Satui dan Terminal Sungai Loban yang letaknya cukup jauh dari pusat pemerintahan.
Proses pengawasan terminal dijadwalkan juga berlangsung ke sejumlah kecamatan lain seperti Kusan Hilir dan terminal angkutan Perdesaan di Kecamatan Simpang Empat.
Segala aktifitas arus penumpang yang memasuki wilayah terminal dipastikan dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa adanya pungutan liar atau yang sejenisnya diluar ketentuan aturan pemerintah daerah.
Suryanto menegaskan, satu hal yang tidak kalah penting dalam proses pengawasan adalah terjadinya perbaikan sistem administrasi pengelolaan retribusi dari karcis terminal. Jumlah retribusi terminal dari hasil pengelolaan karcis harus benar-benar sinkron dengan jumlah karcis yang dibagi petugas di lapangan terhadap para sopir angkutan yang memasuki wilayah terminal.
“Akurasi data ini penting untuk dilakukan dan dilaporkan setiap bulan. Selain untuk pendataan juga untuk evaluasi dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)”, kata Suryanto pada saat memimpin kegiatan pengawasan terminal di Kecamatan Angsana tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *