Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Parkir Se Kabupaten Tanah Bumbu

Dalam rangka pelaksanaan parkir berlangganan dan peningkatan pendapatan daerah maka Dinas Perhubungan mengadakan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Parkir.

Pelaksanaan sosialisasi ini diselenggarakan pada tanggal 18 Juli 2017  sampai dengan tanggal  3  Agustus  2017  di 10 (sepuluh) kecamatan se Kabupaten Tanah Bumbu.

Penyelenggara Sosialisasi Perda tersebut adalah Dinas Perhubungan dengan dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan, Kepala Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, , Karang Taruna dan Pengelola Parkir.

Tujuan Sosialisasi ini disampaikan kepada pemilik kendaraan bermotor agar mengetahui dan memahami adanya pelaksanaan parkir berlangganan yang arah sasarannya terhadap kendaraan bermotor dengan plat nomor polisi setempat atau Kabupaten Tanah Bumbu. Pemilik kendaraan luar wilayah Tanah Bumbu cukup melakukan pembayaran parkir secara langsung sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Parkir Di Tepi Jalan Umum.

Sistem pembayaran parkir berlangganan ini dilakukan bersamaan pembayaran pajak kendaraan di Samsat Tanah Bumbu dengan rincian tarif yang dipungut :

  1. Kendaraan roda 2 di kenakan tarif sebesar Rp. 100.000/ tahun
  2. Kendaraan roda 4 di kenakan tarif sebesar Rp. 200.000/ tahun
  3. Kendaraan roda 6 di kenakan tarif sebesar Rp. 240.000/ tahun

Setelah melakukan pembayaran tersebut, selanjutnya pemilik kendaraan diberi stiker dan kartu parkir berlangganan.

Dinas Perhubungan selaku pelaksana program parkir berlangganan akan memasang tanda parkir berlangganan di beberapa tempat / titik parkir yang sudah disurvei sehingga bagi pemilik kendaraan apabila melakukan parkir dilokasi tersebut tidak akan dipungut biaya parkir.

Pelaksanaan parkir berlangganan yang akan dilaksanakan mulai bulan September 2017 ini diharapkan agar masyarakat merasa tertib, aman dan nyaman dalam penggunaan parkir kendaraan. Selain itu dengan adanya parkir berlangganan diharapkan ada peningkatan pendapatan daerah sehingga meningkat pula pembangunan di Tanah Bumbu melalui dengan kontribusi masyarakat dalam pembayaran parkir berlangganan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *