Evaluasi Pengelolaan Parkir Di Kabupaten Tanah Bumbu

Dengan adanya beberapa problematika dimasyarakat tentang pengelolaan parkir yang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan, karcis parkir yang sudah kadaluarsa, atribut juru parkir yang tidak lengkap dan pungutan retribusi parkir yang melebihi tarif sesuai perda, maka dilakukan langkah – langkah penanganan dan pembinaan terhadap permasalahan tersebut diatas dapat teratasi.
Hal tersebut merupakan hasil rapat evaluasi pengelolaan parkir yang berlokasi di Ruang Rapat Sekretariat Gunung Tinggi yang dihadiri oleh beberapa SKPD terkait dengan dipimpin Asisten III, Bpk. Muhlis, SH, MH dan didampingi oleh Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Tri Wahyudi Huda, SE, M.Si serta Kepala Bagian Hukum Ikhsan Budiman, SH dimana agar pengelolaan parkir di Kabupaten Tanah Bumbu dapat sesuai dengan peraturan yang berlaku terutama Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 4 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum dan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha, khususnya tentang retribusi tempat khusus parkir.
Dapat dijelaskan mekanisme penyampaian karcis retribusi parkir yang dicetak dan diporporasi oleh Dispenda, selanjutnya didistribusikan oleh Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika ke semua pengelola parkir. Selain itu, untuk atribut juru parkir harus dilengkapi dengan kartu identitas dan rompi juru parkir dengan identitas nomor registrasi yang sama antara kartu identitas dan rompi yang dikenakan. Oleh karena adanya kesamaan dalam nomor registrasi tersebut, maka seorang juru parkir hanya memiliki 1 (satu) kartu identitas dan 1 (satu) buah rompi. Selain itu, kartu identitas dan rompi tersebut tidak bisa dipinjamkan serta dialihtangankan ke orang lain.
Retribusi parkir yang sesuai dengan perda yaitu roda 2 dengan tarif Rp. 1.000,- ; tarif Roda 4 Rp. 2.000,- dan tarif pada Roda 6 Rp. 3.000,-. Tarif tersebut berlaku untuk tarif parkir yang bersifat reguler. Sedangkan pada tarif parkir insidentil bagi roda 2 dengan tarif Rp. 2.000,- , tarif roda 4 Rp. 3.000,- dan roda 6 dengan tarif Rp. 6.000,- .

G 3 G 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *