Pemeriksaan Rutin Armada Angkutan Menjelang Arus Mudik Lebaran

Menjelang arus mudik lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika berkoordinasi dengan Satlantas Polres Tanah Bumbu dan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan fisik baik itu armada maupun sopir angkutan.

Pemeriksaan yang dilakukan menjelang arus mudik lebaran ini bertujuan untuk keselamatan dan keamanan baik itu penumpang maupun sopir angkutan.

Pemeriksaan fisik armada angkutan meliputi setir, ban, lampu, rem kaki, dan rem tangan. Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim gabungan tersebut diperoleh hasil 1 buah bus yang sudah tidak laik jalan. Saat dilakukan pemeriksaan diketahui lampu bus tersebut mati dan bannya gundul. Sopir bus tersebut juga tidak memiliki surat ijin mengemudi.

Selain bus, pemeriksaan fisik juga dilakukan terhadap taksi Colt L300 dan angkutan dalam kota.

Bagi armada angkutan yang sudah sesuai standar laik jalan, akan dipasang stiker. Sedangkan yang belum, diminta untuk memenuhi sesuai dengan standar keselamatan. Apabila sudah

sesuai, armada angkutan tersebut boleh beroperasi kembali.

Terhadap sopir angkutan dilakukan tes urine dan tekanan darah oleh Dinas Kesehatan. Hasil pemeriksaan diketahui tidak ada sopir yang terindikasi menggunakan obat – obatan terlarang. Tetapi  beberapa sopir memiliki tekanan darah tinggi dan disarankan beristirahat yang cukup sebelum membawa penumpang

Selain pemeriksaan armada dan kesehatan sopir, kelengkapan surat berupa SIM dan STNK juga tidak luput dari pemeriksaan. Bagi sopir yang SIM dan STNK habis masa berlakunya, diminta untuk melakukan perpanjangan.

Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan resiko terhadap kecelakaan bisa diminimalisir dan tercapainya target  zero accident.

 

  3

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *