Mereduksi Resiko Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas Melalui Dana DAK

Keselamatan lalu lintas bertujuan untuk menurunkan fatalitas kecelakaan lalu lintas  di jalan. Untuk itu diperlukan fasilitas keselamatan jalan berupa rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan.

Kebutuhan rambu yang seharusnya terpasang bergantung dengan kondisi wilayah daerah tersebut. Oleh karena itu, setiap wilayah daerah memiliki kebutuhan rambu yang berbeda – beda.

Di Kabupaten Tanah Bumbu, rambu yang terpasang belum mampu memenuhi dari keseluruhan panjang jalan. Realisasi pemasangan perlengkapan jalan masih berkisar 10% dari kebutuhan yang seharusnya. Hal ini disebabkan bertambahnya panjang jalan yang dibangun , akan tetapi tidak diimbangi dengan pengadaan rambu – rambu lalu lintas karena keterbatasan anggaran yang tersedia sehingga menyebabkan minimnya jumlah rambu yang seharusnya terpasang.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka penambahan jumlah rambu melalui Dana Alokasi Khusus sangat diperlukan. Dana Alokasi Khusus adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional..

Pada tahun ini Kabupaten Tanah Bumbu memperoleh dana DAK untuk penambahan jumlah rambu. Akan tetapi dana yang bersumber dari APBN tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan rambu yang seharusnya tersedia. Oleh karena itu, pada tahun yang akan datang diharapkan adanya penambahan dana sekitar 25% kebutuhan perlengkapan jalan yang seharusnya terpasang. Sehingga bertambah pula peningkatan jumlah fasilitas keselamatan  jalan dan mereduksi atau mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Dana DAK

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *